10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia-Telah kita ketahui bersama bahwa jaman pra sejarah dihuni oleh spesies spesies yang telah punah, diantara penemuan fosil dari spesies-spesies tersebut adalah penemuan fosil dinosaurus, dan sejenisnya.
Tapi tidak semua hewan atau binatang purba sudah punah seluruhnya, hingga sampai saat ini masih ada beberapa spesies binatang purba yang masih hidup sampai sekarang, bukti bahwa hewan-hewan berikut ini pernah hidup di jaman purba, yaitu ditemukan beberapa fosil hewan tersebut yang diperkirakan berusia jutaan tahun.
Pada informasi kali ini, admin akan menerangkan 10 spesies binatang purba yang masih hidup hingga saat ini.

1. Sturgeon.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia
Berdasarkan penelitian, Sturgeon termasuk salah satuhewan purba yang masih hidup sampai sekarang, dimana diketahui hewan ini sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan dipercaya sudah berevolusi dengan lambat.Tapi sayang, Ikan yang termasuk dalam keluarga ikan bertulang belakang ini, secara bebas sangat jarang bisa ditemukan, karena keberadaannya terancam punah. Hal ini dikarenakan, Sturgeon menjadi objek utama banyak para pemancing di dunia.

2. Ikan Coelacanth.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia
Ikan coelacanth diperkirakan sudah ada sejak era Devon sekitar 380 juta tahun yang lalu, hingga kini bentuknyatidak berubah. Coelacanth adalah ikanpurba yang berasal dari cabang evolusi ikan teri tertua yang masih hidup. Sebelumnya, ikan tersebut diyakini telah punah sejak akhir masa Kapur 1 65 juta tahun yang lalu. Tapi ternyata ternyata ikan itu ternyata hidup. Tapi sayangnya, hewan air ini sudah sangat jarang ditemukan dan sudah masuk daftar hewan yang akan segera punah.

3. Komodo.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Komodo adalah spesies endemik reptil purba yang hidup sejak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu. Komodo adalah kerabat dekat dinosaurus. Hal itu terlihat dari penemuan fosil dinosaurus yang menunjukkan kesamaan struktur tubuh dengan naga, 10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia.

4. Martialis Heureka.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Martialis heureka merupakan salahhewanpurba yang masih hidup sampai sekarangyang diperkirakan sudah ada sejak 120 tahun yang lalu. Semut ini ditemukan di hutan Amazon di Brasil pada tahun 2000 silam.Hewan yang memiliki arti nama generic“berasal dari mars”ini digambarkan sebagai spesies semut baru dari keturunan Martialinae. Sedangkan habitat semut yang tidak memiliki mata ini adalah di bawah tanah.

5. Lamprey.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia
Secara sekilas melihat hewan laut sejenis belut ini sangat mengerikan dengan gigi-gigi yang digunakannya untuk mengisap darah ikan di sekitarnya. Hewanini diperkirakan sudah ada sejak 360 tahun yang lalu dan termasuk salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

6. Horseshoe crabs.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Horseshoe crabs atau kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaitu kepiting tapal kuda adalah salah satu jenishewan purba yang masih hidup sampai sekarangyang diperkirakan sudah ada sejak 450 juta tahun yang lalu.Sampai sekarang, hewan ini masih ada, walaupun sudah banyak mengalami evolusi, tapi pada dasarnya, bentuk dan fisiknya tidak banyak mengalami perubahan, hal ini dapat dibuktikan dengan fosilnya yang pernah ditemukan, Kumpulan Cerita Horor.

7. Tadpole Shrimp.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Tadpole Shrimp adalah hewan sejenis kecebong mirip udang yang diperkirakan sudah ada sejak 70 juta tahun yang lalu dan sudah masuk daftar hewan yang terancam kepunahan.Berdasarkan hasil temuan fosilnya, ternyata hewan ini berasal dati periode Upper Triassic, selain itu, evolusi juga tidak berlaku terhadap hewan ini, dimana diketahui, hewan ini tidak secara drastis mengubah bentuknya secara keseluruhan.

8. Penyu Belimbing.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Penyu belimbing atau Dermochelys coriacea mengatakan telah mendiami bumi sejak 100 juta tahun yang lalu, ketika dinosaurus menguasai planet ini. Penyu adalah spesies penyu terbesar. Leatherback bisa mencapai 900 kg berat badan, dengan panjang tubuh sekitar satu setengah sampai dua meter.Tidak seperti kura-kura lainnya, penyu belimbing tidak memiliki kulit yang keras.
Carapace itu seperti mosaik tulang kecil perusahaan, dan kulitnya berotot tujuh tebing longitudinal. Penyu belimbing dapat ditemukan daridaerah tropis ke wilayah laut sub-kutub dan biasanya bersarang di pantai-pantai di daerah tropis.Penyu belimbing hanya makan ubur-ubur, dan hanya ada sedikit tempat di dunia yang dipilih untuk bertelur. Salah satu alasan pemijahan ada di Jamursba Medi Beach dan Mamon. Terletak di sebelah utara Provinsi Papua Barat. Penyu belimbing memiliki kebiasaan berkeliling dunia menjelajahi berbagai wilayah di bumi.

9. Ikan arwana.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Ikan arwana adalah salah satu ikan purba yang belum punah. Studi tentang temuan genetik dan fosil menunjukkan bahwa ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu. Ikan arwana adalah salah satu karnivora yang mendiami sungai dan danau dengan air yang tenang. Ikan ini bisa ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia.Ikan arwana (Scleropagus sp.) Dapat ditemukan di perairan segar Indonesia. Salah satu jenis ikan arwana adalah arwana super merah, yaitu ikan asli di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Perairan adalah kawasan hutan gambut yang menciptakan lingkunganprimitif bagi ikan purba.

10. Buaya muara.
10 Hewan purba yang masih hidup di indonesia

Buaya adalah salah satu hewan purbayang tersisa di bumi ini. Buaya muara atau buaya Bekatak (Crocodylus porosus) adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia, jauh lebih besar dari buaya Nil (Crocodylus niloticus) dan Alligator Amerika (Alligator mississipiensis). Panjang tubuh termasuk ekornya bisa mencapai 12 meter seperti yang ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur.Buaya masih memiliki kerabat dekat dengan reptil kuno, CrocodileSaurus adalah nenek moyang buaya yang memiliki panjang hampir 30 meter. Namun, karena pengaruh alam, tubuh CrocodileSaurus menyusut dan menjadi buaya muara. Buaya muara dapat ditemukan dari Teluk Benggala (India, Sri Lanka, dan Bangladesh) ke Kepulauan Fiji. Indonesia menjadi habitat buaya muara selain Australia.
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon